Profil

Kota Batu merupakan sebuah Kota dengan potensi wisata yang sangat kaya. Kota Batu sudah terbentuk secara alami sebagai kota agropolitan yang didukung oleh keadaan alam dan lingkungan wisata yang potensial.
Atraksi wisata di Kota Batu selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan karena letak Kota Batu itu sendiri yang berada di dataran tinggi dengan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk sehingga para wisatawan merasa nyaman berada di kota Batu.
Pelestarian dan pemeliharaan kebudayaan dan pariwisata Kota Batu juga tak lepas dari hasil pengelolaan pemerintah melalui Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Batu. Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kota Batu memiliki kantor yang terletak di Jl Sultan Agung 7B, Desa Sisir, Kecamatan Batu.
Tugas pokok dan fungsi dari Dinas Kebudayaan dan pariwisata yaitu sebagai unsur pelaksana otonomi Daerah di bidang Kebudayaan dan Pariwisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berada di bawah dan bertanggungjawab langsung kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah .
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu mempunyai tugas antara lain sebagai berikut:
  • melaksanakan urusan pemerintahan bidang kebudayaan dan pariwisata berdasarkan azas otonomi dan tugas pembantu;
  • melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Walikota sesuai dengan bidang tugasnya.
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu siap melayani masyarakat dan melaksanakan kebijakan pemerintah Kota Batu terkait kebudayaan dan pariwisata yang ada di Kota Batu.
Atraksi wisata yang populer di Kota Batu antara lain wisata air panas Cangar, Taman wisata alam Selecta, Jawa Timur Park, Agro Kusuma dan Taman Songgoriti.
Potensi kebudayaan dan pariwisata yang dimiliki kota Batu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu : Wisata Agro, Wisata Alam, Wisata Budaya, Wisata Goa, Wisata Rekreasi, Wisata, Minat Khusus, Wisata Sejarah dan Ziarah, dan Wisata Religi.
Itu tadi adalah sedikit info dan profil mengenai Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu. Untuk info lebih lanjut, Anda dapat menghubungi alamat Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batu seperti yang tercantum pada profil di atas.

Komentar